Saturday, March 14, 2009

Menikmati sebuah Proses




Menikmati sebuah Proses
Beberapa hari terakhir ini ,
Aku melihat halaman depan rumah aku mulai berantakan .
Aku pengen ngebersihin halaman ini .
Kayanya gak enak banget kalo mesti papi lagi yang bersihin .
Jadi kemarin sore aku bersihin deh .
Pas aku ngebersihin , pas proses .
Gak biasanya aku menikmatinya .
Mungkin di dukung cuaca mendung dan aku sambil maen air kali ya .
Ada yang lain dari kegiatan aku kemarin sore .
Ada hal yang menarik perhatian aku pas semua udah beres , udah bersih .
Ada perasaan puas , seneng , bangga melihat itu semua .

Aku pun berpikir ternyata jarang sekali aku menikmati
sebuah proses .
Proses mengumpulkan daun-daun yang berserakan sampai dengan
membuangnya ke tempat sampah .
Bahkan mungkin sebagian dari kita pun jarang
sekali menikmati sebuah proses dalam
segala aktifitas .
Kita terlalu disibukan untuk berpikir hasil.
Seberapa bagus dan banyak hasil yang dapat kita hasilkan .
Banyak diantara kita saat ini demi
mengejar hasil kita melupakan berbagai aspek yang berhubungan dalam pencapaian
tersebut .
Kita seringkali lupa terhadap hubungan yang seharusnya kita bangun
dengan sesame .
Kita pun seringkali lupa pada ‘sapu’nya, kita hanya menginginkan
‘bersih’-nya saja .

Aku jadi berpikir ternyata hidup ini dipenuhi dengan
berbagai keseimbangan .
Apabila kita tidak menjaga yang satu, maka kita akan
kehilangan yang lain .
Apabila kita hanya bertumpu pada hasil terkadang hasil yang kita harapkan tidak menjadi kenyataan.
Bahkan walaupun itu terwujud tidak
sesuai dengan harapan .
Semua ini bergantung pada pola pikir dan keadaan suasana
hati yang kita set-up .
Apabila kitamenikmati prosesnya maka hasilpun akan kita tuai. Bahkan mungkin hasil yang
tidak kita kira dampaknya .

Untuk itu marilah kita mulai memaknai berbagai proses yang
terjadi dalam hidup ini .
Dengan kesabaran dan semangat . 

No comments: