Wednesday, April 15, 2009

acne ? huh .

Karna aku lagi berjerawat . Gak parah sih .
Aku cari cari artikelnya .

Check this out ,

Jerawat bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi umum pada kulit yang timbul karena perpaduan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dalam perpaduan ini dan berkembang biak. Jika tetap dibiarkan, pori-pori yang tersumbat akan membengkak dan mengeluarkan nanah.

Jerawat timbul akibat produksi minyak yang berlebihan. Banyak factor yang bisa memicu munculnya jerawat yaitu faktor keturunan, makanan, faktor psikis juga mempengaruhi, misalnya saja ketika datang bulan, stress, pemakaian kosmetik yang tidak cocok atau mengkonsumsi obat tertentu bisa saja menyebabkan timbulnya jerawat. Sampai saai ini, belum ada obat jerawat yang bisa menyembuhkan secara tuntas. Namun banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan atau paling tidak mengurangi tumbuhnya jerawat. Salah satunya dengan menggunakan lima tanaman obat yaitu tomat, belimbing wuluh, mentimun, jeruk nipis, dan temulawak yang dipercaya bisa membasmi jerawat yang membandel

Perawatan sangat penting dilakukan agar kulit terlihat sehat, berseri dan cantik. Apa saja yang harus dikerjakan:
1. bersihkan wajah sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah dan air hangat.
2. Lakukan olahraga pagi hari di lokasi yang mendapat sinar matahari.
3. Kurangi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol.
4. Tingkatkan konsumsi sayur-sayuran dan (bayam, bawang daun, ercis, wortel, daun melinjo dan sebagainya) dan buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas, dan sebagainya)
5. Hindari pemakaian kosmetik yang berbahan dasar minyak.
6. Yang tak kalah penting, jangan sembarangan menusuk dan memijit-mijit jerawat. Bisa-bisa malah infeksi dan meninggalkan bekas noda.

Sebagai masalah klasik yang menjengkelkan anak ABG, jerawat semakin membuat stres dengan adanya berbagai mitos tentangnya. Banyak ABG yang karena takut terserang jerawat, mempercayai seratus persen mitos-mitos tersebut tanpa mengecek fakta yang sesungguhnya. Padahal, nggak sepenuhnya mitos-mitos itu benar.

Mitos: Makanan berminyak, cokelat, dan makanan manis menyebabkan jerawat.
Fakta: Penyebabnya bukan karena makanan, tetapi produksi minyak di kulit yang berlebihan.

Mitos: Rambut berminyak menyebabkan jerawat.
Fakta: Kalau rambut menutupi bagian wajah dan menghalangi keluarnya minyak di kulit dapat saja terjadi demikian.

Mitos: Mencuci muka sesering mungkin dapat mengurangi jerawat.
Fakta: Terlalu sering mencuci wajah justru akan membuat minyak alaminya hilang. Akibatnya, kulit akan lebih aktif memproduksi minyak sebagai pengganti minyak yang hilang.

Mitos: Memencet jerawat membuat jerawat cepat hilang.
Fakta: Tindakan itu hanya menyebabkan infeksi, membuat proses penyembuhan jadi lama dan meninggalkan noda hitam.

Mitos: Memakai pelembab menyebabkan jerawat tambah parah.
Fakta: Kalau kamu memakai produk pembersih dan krim perawatan kulit yang sifatnya keras, gunakan pelembab yang bagus untuk mengatasi kulit kering. Kalau enggak, kulit akan memproduksi minyak yang tidak diperlukan.

No comments: