Saturday, March 14, 2009

broken hearts . :(




Patah hati , hal yang paling menjengkelkan , menyakitkan , dan sangat menderita .
Mengatasi rasa sedih dan kehilangan yang berkepanjangan adalah bagian tersulit dari patah hati. But…”The show must go on!

Seseorang pasti merasakan ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya dan kita sering kali tidak bisa mengontrol perasaan ketika sedang patah hati. Seakan hidup dijalani hanya untuk merasakan kesakitan yang begitu mendalam. Semakin mencoba untuk melupakan tapi justru semakin ingat.
Memang teori itu sulit untuk dipraktekan dalam kehidupan nyata. Tetapi paling tidak kita dapat membuatnya tidak terlalu buruk,cepat pulih and go back to reality.Langkah-langkah untuk membantunya adalah dengan cara sebagai berikut :

1. FEEL YOUR FEELINGS

Merasakan apa yang kamu rasakan di dalam hati adalah bagian terpenting dalam tahap ‘penyembuhan’. Kebanyakan cara yang orang tau, memang berusaha semaksimal mungin untuk melupakan orang tersebut. Tetapi pada kenyataannya, justru semakin kuat kamu ingin melupakannya, kamu justru semakin mengingatnya.
Sebagian besar orang menghadapi rasa patah hati dengan kemarahan yang membara dan kesedihan, tetapi ini dapat dianalisa lagi dari kasusnya. Karena ia selingkuh atau keputusan bersama untuk saling berpisah walaupun sebenarnya bukan sepenuhnya keinginan sendiri.
Tetapi hal ini wajar bila kamu merasakan emosi-emosi yang begitu besar untuk keluar dan dirasakan. Kemarahan, kekecewaan, kesedihan. Ini disebabkan karena tidak bisanya kamu mengontrol perasaan yang ada. Seperti mengingat terus kenangan-kenangan yang pernah dilewati bersama dengannya dimasa lalu serta mengingat pengorbanan-pengorbanan kamu yang seakan sia-sia.
Biarkan kemarahan,kekecewaan,kesedihan itu mengisi hati kamu. Jangan disimpan dan membuatnya menjadi menjalar ke hal-hal lain yang bisa merusak kondisi kejiwaan, bahkan fisik kita.
Kamu dapat menulis surat kepada mantan pasangan kamu. Ungkapkanlah dalam surat itu, seluruh perasaan kamu dan jangan ada sedikitpun yang ditutupi. Dengan itu kamu dapat mengeksplor seluruh perasaan kamu.Tetapi yang perlu kamu ingat, JANGAN PERNAH MENGIRIM SURAT TERSEBUT KEPADA MANTAN PASANGANMU. Setelah surat itu selesai, kamu dapat merobek dan membuangnya.
Cara lain, kamu dapat mendengar lagu-lagu yang memiliki ‘anchor’ kuat dengan kenangan-kenangan kamu terhadapnya. Menangislah bila kamu ingin menangis atau marah dan sampai berteriak kesal. Hal ini untuk membantumu untuk merasakan apa yang ada didalam hati kamu.

2. FIND THE SIGNAL TO MOVE ON


Kamu harus dapat menargetkan berapa lama dirimu menyelami perasaan tersebut. Sehari,seminggu,sebulan,setahun?. Mungkin ada perasaan frustasi yang berkembang dalam diri dan kamu yang membuat kamu belum siap untuk melanjutkan hidup, dan ini saatnya kamu untuk berbagi dengan orang-orang yang kamu percayai. Dengarkan saran dan nasihat dari mereka.
Nanti ada saatnya kamu mencapai satu titik rasa kekecewaan dan frustasi. Dimana kamu mulai dapat bertanya dan mengungkapkan pada diri sendiri. “Untuk apa aku terus seperti ini?” atau “Aku tidak mau terus terpuruk seperti ini!”.
Saat kamu sudah merasakan seperti, itu berarti frustasi dan keterpurukan yang kamu rasakan telah kadarluarsa, dan saatnya kamu untuk bangkit dan melanjutkan hidup.

3. RID YOUR ENVIRONMENT OF REMAINDERS

Setelah tahap satu dan dua sudah dilakukan. Jangan mengingat kesedihan-kesedihan yang kamu alami setiap saat, karena akan berpengaruh kepada suasana hati kamu menjadi tidak baik. Singkirkanlah barang-barang yang berhubungan dengan mantan pasanganmu itu. Apapun itu…foto, surat, atau hadiah-hadiah yang pernah mantan pasanganmu berikan.
Simpanlah dalam satu kotak dan sembunyikan ditempat yang sulit kamu jangkau. Kalau perlu, minta bantuan orang terdekat kamu, yaitu,kakak,adik atau sahabat kamu. Dengan bantuan mereka untuk menyembunyikan, kamu pasti tidak akan tau barang-barang tersebut tersimpan.

4. DO FUN THINGS

Hubungilah teman-teman terdekatmu dan habiskan waktu bersama mereka. Lakukan hal-hal menyenangkan yang selama ini tidak sempat kamu lakukan karena seringnya waktumu habis bersama mantan pasanganmu.
Kamu bisa merencanakan jalan-jalan ketempat yang mengasyikan bersama teman-temanmu dan nikmatilah. Lakukan hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan seperti ketika kamu telah memiliki pasangan. Nikmatilah sensasinya menjadi ‘single’.

5. FALL IN LOVE AGAIN

Jangan ragu bila kamu merasakan menyukai seseorang lagi. Bukalah hati kamu untuk menjalin hubungan dengan orang baru. Jangan takut kecewa, jangan takut gagal sebelum kamu mencobanya. Percayalah bahwa setiap orang diciptakan berpasangan dan pasti ada seseorang yang cocok untukmu yang nantinya akan berujung pada kebahagiaan.

6. LEARN FROM THE PAST

Dengan kekecewaan dan patah hati yang kamu alami dimasa lalu pasti tidak hanya mendapatkan keburukan saja. Didalamnya pasti kamu akan mendapat hikmah dan pembelajaran yang dapat dijadikan guru untuk kedepannya.

No comments: